Profil

Apa Beda Menggambar dan Melukis? Galeri Lukisan Balchi Bara


Apa perbedaan arti menggambar dan melukis?

Definisi : Menggambar (drawing) adalah kegiatan meniru barang, orang, binatang, dan sebagainya yang dibuat dengan coretan pensil atau alat lainnya pada sebuah kertas. Melukis (painting) adalah kegiatan mengolah media dua dimensi untuk mendapat kesan tertentu.

Dalam keseharian menggambar dan melukis sering diartikan sebagai kegiatan yang sama. Menggambar dan melukis diartikan sebagai upaya memidahkan objek ke atas media dua dimensi. Di mana letak perbedaannya?

Menggambar

Kegiatan menggambar biasanya menggunakan media kering. Media kering yang digunakan berupa kertas, pinsil, arang, drawing pen, spidol atau kapur. Usaha untuk memindahkan objek dilakukan dengan membuat coretan. Hasilnya lebih sering dinamakan gambar.

Nilai sebuah gambar hanya dilihat dari kemiripan antara gambar dengan objek. Gambar bisa berbentuk garis-garis sederhana. Dalam gambar yang lebih komplek ditempuh dengan mengarsir dan memberi warna. Warna yang digunakan bisa berupa pinsil warna, crayon atau pastel oil.

Melukis

Kegiatan melukis menggunakan media yang bersifat cair. Media yang digunakan untuk melukis misalnya cat air (water paint), cat minyak (oil paint) atau cat akrilik (acrylic paint). Biasanya melukis dilakukan di atas kanvas atau media datar lainnya. Halil melukis lazim disebut lukisan.

Kemiripan bukan satu-satunya ukuran untuk menilai sebuah lukisan. Kegiatan melukis lebih berfokus pada upaya menciptakan kesan tertentu dari sebuah objek (nyata dan imajinasi) yang dilukis. Melukis bukan sekedar memindahkan objek ke atas media dua dimensi. Melukis sudah lebih banyak melibatkan rasa si pelukis. Misalnya dalam lukisan figur Basuki Abdullah. Figur yang tampil dalam lukisan Basuki tampak lebih cantik ditambah kesan-kesan yang dimunculkan. Ini karena sudah melibatkan unsur perasaan estetika pelukisnya.

Demikian sekilas tentang perbedaan menggambar dan melukis. Bagaimana menurut sahabat semuanya? Semoga bermanfaat.

Salam hormat

Balchi Bara

Have any Question or Comment?

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: