Artikel

Bagaimana Cara Menilai Lukisan

Bagaimana cara menilai lukisan? Saya sering ditanya pertanyaan serupa tentang cara menilai sebuah lukisan. Nilai sebuah lukisan bersifat relatif, tidak ada barometer yang tepat sebagai alat ukur.

cara menilai lukisan image

Sumber image : https://www.goodnewsfromindonesia.id/2018/11/03/seniman-asal-madura-menangi-uob-southeast-asian-painting

Suatu ketika pada sebuah pameran, seseorang sembari memandang lukisan bertanya:“Pak, bagaimana lukisan ini menurut anda?”

Saya kembali bertanya:”Kalau menurut anda sendiri bagaimana?”

“Bagus, Pak.”

“Itu artinya anda juga telah mampu menilai lukisan.”

“Mengapa demikian?”

“Karena alat untuk menilai sebuah lukisan adalah rasa.”

Saya pernah membaca sebuah petikan kalimat Sapardi Joko Damono ketika membuka pameran:“Karya lukis itu bukanlah sesuatu yang harus dipahami, tapi harus dihayati.” Ketika seorang mengamati sebuah lukisan, sebenarnya seseorang telah berdialog dengan lukisan yang diamatinya. Dia akan menggunakan segala pengetahuan dan perasaannya dalam mengamati sebuah lukisan. Hasilnya adalah penilaian yang berbeda-beda. Di sinilah pentingnya orang ketiga sebagai pengantar, sebagai guide bagi penikmat seni. Orang ketiga inilah kurator seni dan kritikus seni.

Namun tidakkah ada panduan minimal untuk menilai lukisan? Pada tulisan ini saya akan mencoba menuliskan pendapat saya tentang cara menilai karya lukis. Tentu berdasarkan apa yang saya peroleh dari guru saya sewaktu saya sekolah dan dari artikel-artikel yang saya baca. Artinya saya bukanlah pakar dalam teori tentang seni lukis.

Kriteria cara menilai lukisan

Lukisan adalah bentuk karya seni dua dimensi. Lukisan mempunyai unsur-unsur seperti titik, garis, bidang, warna, komposisi dan irama. Bila unsur-unsur dari lukisan terkolaborasi secara harmonis maka akan tercipta lukisan yang bagus. Dan kita (mungkin) bisa menilainya dari sini.

Teknik dan kepiawaian pelukis. Sebuah lukisan dapat dilihat apakah sang pelukis benar-benar menguasai teknis melukis atau tidak. Pemula atau profesional seorang pelukis dapat dilihat dari karya lukisannya. Artinya mutu sebuah lukisan dapat diamati dari tampilan visual dari lukisan tersebut. Baik dari segi kemampuan pelukis memvisualkan objek, mutu sapuan kuas atau kekayaan dan kematangan warnanya. Namun ukuran ini kadang tidak bisa kita terapkan pada hasil karya lukisan kontemporer. Lukisan kekinian.

Menilai lukisan dari kandungan makna atau pesan yang akan disampaikan. Lukisan yang bernilai biasanya mengangkat pesan-pesan tertentu. Pesan-pesan tertentu yang terkadang disebut dengan makna lukisan. Bahkan bisa jadi sebuah lukisan mengandung makna yang sangat mendalam seperti sebuah filosofi. karena kandungan maknanya pula lukisan bisa mempengaruhi jiwa seseorang. Disini nilai lukisan dipandang dari segi maknanya. Namun untuk lukisan tertentu misalnya lukisan abstrak, butuh penafsiran mendalam berkaitan dengan makna. Ya… nikmati saja.

Menilai lukisan dari segi penciptaan. Lukisan adalah merupakan salah satu bentuk dari karya seni. Hakekat karya seni adalah penciptaan. Ada hal baru yang ditunjukan dari karya lukisan. Bisa juga sebuah aransemen baru dari sebuah karya yang pernah ada. Disinilah sebuah karya lukisan original lebih mempunyai nilai tinggi jauh dibanding karya repro atau duplikasi. Seperti contoh pada lukisan-lukisan pemenang kompetisi bergengsi di Indonesia atau Luar Negeri, pemenangnya adalah lukisan yang mempunyai gaya dan corak tersendiri. Bahkan merupakan hal baru. Pada aspek ini lukisan dinilai pada segi kreativitas dan kebaruan

Setiap seniman lukis dalam benaknya tentu ingin menemukan ciri khas dari lukisan-lukisannya. Dan di sinilah letak sebuah karya lukis yang sebenarnya.

Kesimpulan, setiap orang pada dasarnya mampu menilai sebuah lukisan, paling tidak untuk dirinya sendiri. Ini berkait dengan suka dan tidak suka. Jadi kita sulit untuk menilai sebuah lukisan. Tidak ada seorangpun yang berhak untuk menghakimi sebuah karya lukis. Nah bagaimana menurut pendapat Anda?

Semoga bermanfaat

Oleh: Balchi Bara

Balchi Bara
Bekerja sebagai pengajar di Sekolah Dasar Negeri dan Pelukis di Balchibara dot com. Senang menulis untuk sekedar berbagi cerita dan pengalaman seputar lukisan. Call/sms/wa : 082225444144
https://www.balchibara.com/

Tinggalkan Balasan