Profil

Bagaimana Cara Ampuh 100 % Menjual Lukisan di Internet?


Cara Menjual Lukisan

Bagaimana cara menjual lukisan? Ini pertanyaan yang sering saya terima. Banyak pelukis ingin lukisannya laku dibeli. Hal ini disebabkan bermacam alasan. Seorang pelukis yang menjadikan profesi pelukis sebagai mata pencaharian berusaha agar lukisannya laku terjual. Hal ini karena dan hasil jual lukisan untuk menopang kebutuhan hidup sehani-hani.

Video 

 

 cara menjual lukisan

Ada lagi alasan menjual lukisan adalah untuk menunjang kelancanan berkarya dalam lukisan. Melukis membutuhkan biaya yang mahal. Tentunya dari hasil jual lukisannya bisa untuk membeli bahan-bahan yang diperlukan untuk melukis. Hanya sebagian kecil pelukis yang tidak menginginkan lukisannya dijual kepada kolektor lukisan.

Usaha untuk menjual lukisan tentu bukan pekerjaan yang gampang. Apalagi bagi pelukis pemula atau pelukis yang belum dikenal. Ditambah lagi kondisi pasar seni lukis yang kata banyak orang lagi sepi. Saya pernah chating dengan seorang pelukis yang kakaknya meniliki galeri lukisan di Inggris. Katanya juga lagi sepi.

Namun beberapa gelintir pelukis tidak mengalami sepinya pasar lukisan. Mereka tetap saja mampu meraup milyaran rupiah dalam pameran tunggal yang mereka jalani. Bahkan dalam statusnya di akun Facebook, ia mengapload gambar yang benisikan visual “dua lukisan sama dengan satu mobil mewah”. Lantas benarkah pasar Lukisan memang benar-benar lagi sepi. Atau kita saja yang belum tahu kiat dan cara menjual lukisan.

Fenomena baru bagaimana kolektor memburu lukisan

Saya pernah membaca sebuah tulisan yang ditulis seorang kurator lukisan yang dia juga seorang dosen seni rupa dan memiliki galeni lukisan di Jogjakarta. Sebuah catatan di akun Facebooknya menuliskan telah terjadi perubahan cara kolektor lukisan membun lukisan. Mereka mulai enggan untuk datang ke “galeri lukisan” guna mendapatkan karya dua dimensi di atas kanvas. Mereka mulai membeli lukisan pada pelukisnya langsung.

Tenjadi sebuah romantisme hubungan antana kurator dan pelukis. Tentu ini hal yang menggembirakan bagi kreator lukisan yang menginginkan kanya lukisannya terjual. Seperti juga saya berharap demikian.

Era digital dengan segala kemudahan akses telah mengubah gaya hidup masyarakat milenial. Dunia menjadi dalam genggaman dengan maraknya telepon seluler canggih semisal undroid. Orang mulai menyukai hal-hal yang praktis dalam mencari yang mereka butuhkan.

Belanja tidak harus pergi keluar rumah. Belanja online makin digemari. Termasuk dalam hal mendapatkan lukisan, tidak sedikit kolektor lukisan membeli lukisan melalui online. Maka makin menjamurlah galeri lukisan online.

Pengalaman saya menjual hasil lukisan melalui online

Pada awalnya saya melukis tidak berpikinan untuk dijual sebagai tujuan utama. Saya hanya bangga setiap kali saya mencipta sebuah lukisan. Karena kebanggaan saya, setiap selesai melukis saya unggah gambannya ke blog gratis wordpress. com. Saya membubuhkan catatan atau tulisan seputar karya lukisan saya. Kebetulan saya suka menulis dan suka nulis-nulis di blog juga. Saya tidak menyangka kalau suatu ketika ada orang luar kota yang menanyakan tentang lukisan-lukisanku. “Apakah lukisan Mas Balchi dijual”, tanya dia. Dan dia membei beberapa karya lukisan saya sekaligus. Peristiwa tersebut tidak lama setelah saya mengunggah foto lukisan saya ke situs jejaning sosial wordpress. Sejak penistiwa itu — setelah lukisan saya ternyata laku — saya mulai lebih rajin melukis. 🙂

Dari pengalaman saya tersebut di atas, mungkin Sobat perlu mencoba rajin melukis dan mengunggah gambar ke dunia maya. Unggah lukisan Sobat disertai tulisan atau catatan secukupnya. Syukur-syukur bisa menulis lebih panjang sekitan 300 sampai 600 kata. Tunggu kejutan yang akan Sobat dapatkan. Tunggu kolektor melamar lukisan Sobat.

Dapat pula Sobat buat sebuah akun Facebook, Twitter atau instagnam dan publish kanya Sobat. Selain melalui beberapa situs jejaning sosial tersebut, kita juga dapat mempublikasikan lukisan kita dengan cara membuat blog atau website.

Ada banyak portal yang menyediakan fitur website atau blog gratis selamanya. Beberapa situs populer yang bisa kita gunakan secana gratis misalnya Blogger dan WordPress. Buka situsnya, daftar dan posting. Semoga Sobat dapat menemukan jalan untuk dapat menjual lukisan melalui online dijejaring sosial atau website.

Cara Menjual Lukisan di Balai Lelang Lukisan

Mendaftarkan karya lukis di balai lelang. Ini adalah cara paling keren. Bila karya Sobat masuk seleksi kurator, lukisan Sobat bakal dilelangkan. Tentu dengan harga yang lumayan memuaskan. Bahkan bila sedang hoki, nama kepelukisan Sobat bakal melambung.

Berikut adalah beberapa balai lelang lukisan skala internasional maupun regional

  1. Sidharta Auction / Sidharta Auctioneer Jl. Darmawangsa VI, Jakarta 12160, Indonesia
  2. Sotheby’s. Untuk alamat Jakarta https://www.sothebys.com/id/tentang/alamat/jakarta
  3. Balai Lelang Christiesh

Salam

Balchi Bara

Have any Question or Comment?

28 comments on “Bagaimana Cara Ampuh 100 % Menjual Lukisan di Internet?

Titi Hasta warna

Terima kasih bapak Balchi Bara, sangat menginspirasi. Semoga terjaga terus untuk berkarya .. Sukses ya buat Bapak. Good read!!! 😚😚😚

Reply

Terimakasih kembali Ibu Titi Hasna. Semoga bermanfaat artikel sederhana ini bermanfaat. Selamat berkarya dan sukses selalu

Reply
Adhitya

Mohon maaf kalau pertanyaan saya diluar konteks… Bagaimana kalau saya mau menjual lukisan S.Saman sekitar thn 1950an tapi tidak tau mau dijual kemana? Mungkin bapak bisa memberikan info? Trimakasih…

Reply

Sdr Adhitya, komentar Anda di sini juga dilihat oleh banyak orang. Siapa tahu dari sekian banyak pembaca kami berminat mengoleksi karya yang Anda maksudkan. Semoga ada yang menghubungi Anda. Kami hanya bisa membantu Anda dengan cara mempublikasikannya di website ini. Kirim foto dan detilnya via wa kami. Terimakasih.

Reply
simut

Sangat menginspirasi pak..
Menjual karya untuk memperpanjang karya juga. Saya juga hobi melukis pak. Melukis pensil 🙂 .. trimakasih artikelnya 🙂

Reply

Terimakasih sudah membaca tulisan Cara Tepat Menjual Lukisan. Semoga artikel tersebut bermanfaat dan bisa menjadi alternatif pilihan di era kemajuan digital ini. Bila menjumpai kesulitan dalam mengikuti langkah pada tulisan saya silakan tulis komentar balasan. Salam

Reply
dewi

terimakasih sangat menginspirasi pak, saya ingin menanyakan cara mengirim lukisan ini bagaimana ya? apakah digulung atau dibiarkan dlm bingkai kayu kanvas nya, juga kalau cat minyak kalau digulung apakah tdk membuat retak cat nya?

Reply

Terimakasih sudah berkunjung ke mari. Terkait pengiriman lukisan : Lukisan kami kirimkan melalui jasa TIKI online. Untuk packing lukisan yang akrilik kami gulung dan masuk ke dalam tabung paralon. Sedangkan untuk cat minyak kami kirim ke dalam box kayu dan tutup dari triplek karena takut lukisan rusak karena lukisan Balchi bertekstur tebal. Silakan berkunjung lagi ke mari

Reply
saffa afrida

salam kenal pak balchi. saya mahasiswi arsitektur semester 3 dan sudah membuat banyak karya sketsa watercolor di kertas A4 dan A5 sedari SMA. orang bilang karya saya bagus, tapi menurut saya tidak sebagus seniman2 yang ada. saya ditertawakan karena menghabiskan uang jajan untuk beli peralatan watercolor yang mahal, sedangkan teman2 saya sudah mempunyai pekerjaan sampingan yang lumayan untuk pelajar. saya berfikir untuk menjual karya2 saya, dan sudah dibuatkan platform medsos khusus untuk karyanya. tapi sudah 2 tahun, akun instagram dll masih sepi. adakah saran dan motivasi untuk saya yang masih pemula dan tidak punya relasi/koneksi di dunia seni?

Reply

Salam kenal kembali Saffa, penilaian terhadap karya seni dalam hal ini seni lukis itu relatif. Sangat tergantung siapa yang menilai. Bila sekarang masih dengan watercolor cobalah untuk melukis di atas kanvas. Bidiklah tema-tema yang banyak dicari misalnya lukisan panen, lukisan juda, pasar, atau lukisan bunga. Langkahmu sudah benar untuk mencoba publikasi di jejaring sosial. Mungkin perlu dicoba buat halaman di wordpress atau blogger. Memang butuh kesabaran. Yakinlah tidak ada usaha yang sia-sia. Silakan join di wa saya.

Reply
TRI RAYASTI ADIARTININGSIH

Selamat malam pak Balchi….saya sangat diberkati sekali untuk cara menjual.
Saya cucu pelukis Kartono Yudhokusumo , warisan saya dari mami saya..anak tunggalnya ..karya2 cat air, tinta cina, beberapa saya sdh jual melalui pameran, juga ada kolektor yg beli langsung.
Bagaimana ya saya harus pasarkan ..agar lukisan2 ini cepat terjual?
Apakah Bapak bisa bantu?
Saya juga pelukis

Reply

Selamat malam Sdri Tri Rayasti, senang sekali kesediaan membaca artikel saya, mungkin sedikit bisa menginspirasi. Cara menjual melalui pameran memang lebih elegan, namun kesempatan untuk pameran jarang saya temukan. Apa yang bisa saya bantu? Mungkin di tulisan ini : https://www.balchibara.com/mitra/ bisa jadi solusi. Terimakasih

Reply
Philip Jemmy M

Selamat malam Mr. Balchibara, sy sbg manager dari bberapa pelukis di seputaran jakarta, para pelukis sy ini banyak sdh menghasilkan katya yg indah, artisyic dan berkarakter, seoerti tjema harimau sgt indah juga pemandangan tanam pafi. Bajak sawah juga nnti kedepan kami mau fokus utk membuat lukisan karapan sapi, dlam kesempatan ini mohon bgaimna kami utk lebih mmperkenalkan lukisan2 tersebut ke khalsyak lebih banyak utk mumglin dapat sy upload ke komumitas kolekor ya pas bgitu dati. mhon maaf dan trima kadih banyak utk comment sy ini sdh dpt fimuat. Oh ia no ea sy 08228967.47. dgn pk jimmy

Reply

Selamat malam Pak Jimmy, senang sekali saya karena Bapak menyempatkan diri untuk membaca tulisan saya dan meninggalkan jejak komentar. Baik sekali Pak Jimmy ini mau menjadi manager para pelukis yang tentunya berkesulitan dalam menjual karya. Ini kan eranya digital Pak, semua serba online. Beli lukisan juga demikian. Mungkin Pak Jimmy bisa mengikuti jejak saya yaitu membuat website untuk publikasi karya (semacam galeri/toko lukisan online). Asal pengelolaan dan penulisan di website bagus pasti sering nongol di halaman pencarian mesin telusur seperti google. Itu sedikit saran, bila ada kesulitan mungkin saya sedikit bisa membantu. Salam kreatif

Reply
Ashaa

Terimakasih untuk informasinya 🥰, saya juga ingin menjual lukisan saya tapi sayangnya saya belum mengerti bagaimana caranya mempublikasikan dan menjual karena saya masih anak satu sma. Saya ingin bisa berpenghasilan sendiri, bisa membantu orang tua. Karena saya sdh byk merepotkan:(( maaf ini jadi curahan begini :)). Terimakasih ini bisa memotivasi saya

Reply

Terimakasih sudah mampir ke mari ya… semoga sukses

Reply

mantab pak, semoga ilmu sharing ini membawa keberkahan bagi bapak.
kebetulan saya juga bergerak di dalam seni dalam hal ini penjual barang antik. kalo tidak keberatan silakan kunjungi web saya antikunik.com

terima kasih dan sukses selalu

Reply

Sdr Mahendra, terimakasih atas kunjungan anda. Sering singgah ke mari ya. Salam sukses

Reply
Heru Nanda

Saya mempunyai 2 lukisan karya sang maestro Basuki Abdullah peninggalan kakek saya. saya berniat menjualnya bagaimana caranya ?

Reply

Saya kira artikel ini sudah sangat jelas menerangkan maksud Kakak, cara lain jual melalui balai lelang seperti Sidarta Auction atau Masterpiece Ouction

Reply
Herdi

Salam kenal pak balchi,,saya seorang pelukis,saya menjadi Terinpirasi dengan cerita pak balchi ,semoga bapak sukses selalu dan meng inpirasi orang banyak,,,semoga bermanfaat bagi orang banyak kusus nya bagi pelukis yg pasar nya lagi sepi,,,,,salam pak ,,,

Reply

Sahabat Herdi, saya berterimakasih sudah berkunjung dan berkomentar di situs sederhana ini. Semoga bermanfaat. Salam hormat

Reply
Yulia

Salam buat pak balchi bara..saya mau tanya pak, bagaimana cara nya memperkenal kan pelukis yg msih pemula..hoby melukis tpi tdak tau bagaimna cara mengenal kn kpada dunia/ khalayak luas..smoga bapak bsa membantu..trima kasih pak

Reply

Sahabat Yulia, terimakasih atas komentarmu. Mulailah dengan membuat web gratis di wordpressdotcom. Upload lukisanmu dan ceritakan mengenai karya tersebut dalam tulisan yang mudah dibaca, minimal 300 kata. tunggu kejutan sembari berkarya berikutnya. Salam

Reply
Teguhh

Salam sejahtera pak, mohon maaf pak saya mau tanya, saya ada beberapa lukisan di rumah dan rencana mau di jual, saya bingung cara menjualnya kemana dan bagaimna,?

Reply

Salam sejahtera dan sukses selalu. Terimakasih sudah membaca artikel saya, semoga bermanfaat. Semoga ketemu pembeli

Reply
Dina fahlefia

Salam sejahtera pak Balchi Bara…
Semoga sehat selalu…tks atas inspirasi nya

Reply

Terimakasih, semoga bermanfaat

Reply

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: