4 Cara Agar Lukisan Berkarakter

Bagaimana cara agar lukisan berkarakter. Ini sebuah pertanyaan yang sering saya terima. Pertanyaan tersebut sebenarnya sulit untuk dijawab.

gambar lukisan berkarakter image

Arti Kata Berkarakter

Untuk memahami pengertian lukisan yang memiliki karakter saya melakukan studi kecil. Saya mulai membaca banyak sumber untuk mencocokkan pengetahuan saya dengan arti sebenarnya. Bahkan saya melakukan diskusi ringan melalui facebook.

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) versi daring, karakter bermakna: sifat-sifat kejiwaan, akhlak atau budi pekerti yang membedakan seseorang dengan yang lain. Berkarakter artinya mempunyai tabiat; mempunyai kepribadian; berwatak.

Definisi Lukisan Berkarakter

Lukisan berkarakter adalah lukisan yang memiliki ciri khusus yang mudah dikenali dan tidak dimiliki pada lukisan-lukisan pada umumnya. Sahabat saya Nyoman Budiarta menulis lukisan yang memiliki karakter adalah Kekhasan yang mudah dikenali, yang tidak dimiliki orang lain.

Pendapat lain tentang lukisan yang punya karakter adalah:

Lukisan yg punya rasa sesuai dengan obyek lukisan. Sehingga penikmat lukisan terbawa dalam alam lukisan (Supriyono Satriyo M P).

Lukisan berkarakter menurut saya lebih condong ke hal “KONSISTEN”. Seorang pelukis yang konsisten melukis karakter akan mengikuti. Konsisten bisa menjadi salah satu syarat yang mungkin harus di punyai seorang pelukis (Mas Joko)

Elemen untuk Mengukur Karakter Lukisan

Berikut ini adalah unsur-unsur dari karakter lukisan:

#tema lukisan, #gaya lukisan, #teknik melukis, #pemilihan warna, #keunikan/keistimewaan, dll.

Bagaimana Agar Lukisan Kita Memiliki Karakter?

“Bagaimana agar lukisan kita memiliki karakter?” Mendapat pertanyaan demikian, sering saya balik bertanya. “Anda mau melukis atau mencari karakter?” Sebab tujuan utama melukis adalah bukan mencari karakter, melainkan penyampaian ide dan gagasan.

Namun tidak bisa dipungkiri lukisan dengan karakter tertentu memiliki nilai yang lebih. Ada daya tarik tersendiri bagi kolektor pemburu lukisan.

Agar lukisan kita punya karakter yang khas, beberapa hal berikut perlu dipertimbangkan

  1. Memilih tema tertentu dalam setiap karya lukis yang dikerjakan. Misal sebut saja Amor Pandawalima, memilih figur kuda sebagai objek lukisan-lukisannya. Lukisan kuda Amor pun cukup berkarakter. Pelukis Senior Moses Misdi, konsisten dengan tema perahu layar.
  2. Konsisten dengan gaya yang paling dikuasai. Ada banyak gaya atau aliran dalam lukisan, realisme, ekspresionisme, impresionisme, kubisme dll.
  3. Rajin berkarya dan berkesinambungan. Dengan rajin berkarya akan menemukan ciri khusus dalam lukisan yang dihasilkan. Karya akan mudah dikenali dari sapuan kuas, pemilihan warna dan pengolahannya (Afianto Gondokusumo)
  4. Niat melukis yang tulus. Melukis sesuai dengan ide/gagasan murni sebagai panggilan naluri estetikanya. Melukis bukan karena kebutuhan komersial yang mengikuti selera pasar. Insya Allah hasil karya lukisannya akan memiliki keunikan.

Demikian sedikit tulisan dari hasil studi kecil saya tentang lukisan yang berkarakter. Bagaimana menurut sahabat-sahabatku? Silakan komentar

Salam budaya

Balchi Bara

Balchi Bara

Bekerja sebagai pengajar di Sekolah Dasar Negeri dan Pelukis di Balchibara dot com. Senang menulis untuk sekedar berbagi cerita dan pengalaman seputar lukisan. Call/sms/wa : 082225444144

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: