LUKISAN-MENCUCI-BAJU-optimis
Lukisan Orang

Lukisan Orang Mencuci Baju – Antara Perhatian dan Kepedulian

Lukisan Orang Mencuci Baju ini karya saya Balchi Bara tahun 2012. Sumber inspirasi dari lukisan ini dari kehidupan nyata keluarga sederhana. Berawal dari cerita yang disampaikan seorang ibu muda yang anaknya bersekolah di tempat saya mengajar.

LUKISAN MENCUCI BAJU IMAGE

Pada waktu hari penerimaan rapor, masih tersisa satu buah buku rapor belum diambil. Hari sudah siang sekitar pukus 12. Datang seorang ibu orang tua murid. Nampak gugup menemui saya di kantor. “Maaf, Pak saya terlambat mengambil rapor anak saya.”

“Iya, Ibu. Tidak apa-apa. Apakah ada suatu halangan?”

“Saya baru selesai mencuci baju, Pak”.

“Lho… mengapa Bu?”

“Cucian baju saya banyak. Saya jadi buruh nyuci baju milik tetangga”.

Seketika saya merasa iba. Kehidupan ibu tadi adalah hanya sepenggal cerita dari kehidupan masyarakat bawah.

Sebuah kehidupan yang juga menjadi pemikiran pelukis. Menjadi sumber keprihatinan, perenungan dan pengambilan sikap. Juga menjadi sumber inspirasi, ide dan gagasan untuk karya lukisan. Tujuannya bukanlah mengangkat sebuah kesulitan masyarakat untuk mengambil keuntungan. Melainkan sebagai penyampai pesan kepada orang-orang berkecukupan, mungkin juga kepada pemerintah. Masih saja ada kemiskinan yang harus ditanggulangi dengan tuntas.

Detail Lukisan Orang Mencuci Baju

LUKISAN MENCUCI BAJU CROP 2 IMAGE

Saya bisa membayangkan berapa banyak tumpukan baju yang harus di cuci Ibu dalam cerita di atas. Saya tidak bisa memikirkan andai itu ibu saya. Saya juga bukan dari keluarga yang berada, namun Ibu saya punya keterampilan menjahit. Dan dengan keterampilan itu bersama Ayah dapat menyekolahkan 7 orang anak-anaknya.

LUKISAN MENCUCI BAJU CROP 1 IMAGE

Saya ingat betul kecapaian dari raut wajah Ibu Tukang Cuci Baju untuk tetangga-tetangganya. Perjuangannya demi anaknya bisa makan dan bisa bersekolah.

Kejadian-kejadian dalam kehidupan sehari-hari adalah juga sebuah pembelajaran tersendiri. Sebuah pengalaman yang kemudian membentuk sikap bagaimana bertindak. Orang-orang yang tidak pernah mengamati atau bahkan mengalami hidup yang susah tentu tak bergeming melihat situasi dan kondisi kesulitan di masyarakat.

Oh ya.. saya bukan bermaksud untuk mengajak anda untuk turut berpikir. Saya hanya bercerita tentang histori dari lukisan Lukisan Orang Mencuci Baju.

Keterangan: Lukisan masih menjadi koleksi pelukis.

 

Oleh

Balchi Bara

Balchi Bara
Bekerja sebagai pengajar di Sekolah Dasar Negeri dan Pelukis di Balchibara dot com. Senang menulis untuk sekedar berbagi cerita dan pengalaman seputar lukisan. Call/sms/wa : 082225444144
https://www.balchibara.com/

Tinggalkan Balasan