lukisan pak tua thumb image-low
Lukisan Humanisme

Lukisan Pak Tua dan Sepeda Tua 2018, Beatiful Realisme


Lukisan Pak Tua dan Sepeda Tua ini karya Risto. Risto mengabadikan perjuangan lelaki tua yang tetap tegar kerja keras demi mempertahankan hidup.

lukisan pak tua dan sepeda

Ide gagasan dari lukisan di atas diambil dari kehidupan sekitar, yaitu masih adanya perajin langit-langit dari bambu. Di daerah Tegal langit-langit bambu sering disebut “gribig”. Secara tematis lukisan ini memiliki makna yang cukup dalam. Gambaran lelaki tua yang sedang menatap ke depan seperti melambangkan masih adanya harapan di usia senja.

Apa Aliran Lukisan Pak Tua?

Bila kita amati, dalam karya ini pelukis pelukis berusaha mengangkat objek utama pak Tua dan Sepedanya secara detil. Tidak ada karakter yang meleset baik karakter objek maupun unsur-unsur pendukung. Ini biasa dilakukan oleh pelukis-pelukis kelompok realisme. Lukisan realisme adalah gaya lukisan yang mengutamakan kemiripan dengan objek yang dilukis. Realisme membutuhkan tekhnik yang tinggi dibanding cara melukis lainnya.

Bila dilihat dari tema yang diusung, lukisan kakek tua karya Risto dikategorikan lukisan humanisme. Ada sebuah pesan moral yang ingin disampaikan pelukis berkaitan dengan nilai kemanusiaan. Perjuangan pantang menyerah yang harus menjadi salah satu dasar hidup manusia.

Satu hal yang juga menarik dari karya Risto ini adalah pada tekhnik melukisnya. Pada karya dua dimensi ini ada tekhnik akuarel yang diterapkan.

Detail Lukisan

Media : Cat akrilik di kanvas

Ukuran : 55 x 75 cm

Harga : 2.500.000 idr 1.750.000 idr

Stok : Avaliable

Balchi Bara
Bekerja sebagai pengajar di Sekolah Dasar Negeri dan Pelukis di Balchibara dot com. Senang menulis untuk sekedar berbagi cerita dan pengalaman seputar lukisan. Call/sms/wa : 082225444144
https://www.balchibara.com/

Tinggalkan Balasan