Mengembangkan Bakat Melukis Anak dalam 6 Langkah 1
Artikel

Mengembangkan Bakat Melukis Anak dalam 6 Langkah

Saya sering ditanya bagaimana mengembangkan bakat melukis anak. Secara alami pada dasarnya anak suka menggambar atau melukis. Bahkan kemampuan melukis pada anak mendahului kemampuan lainnya seperti kemampuan berbicara. Kita sering melihat sikecil buah hati kita memegang pinsil atau pena membuat coretan-coretan di dinding. Bahkan kadang orang tua merasa kesal karena dinding menjadi kotor. Sebenarnya si buah hati sedang mengajak kita berkomunikasi melalui coretan.

mengembangkan bakat melukis anak
Sahabat Kecil Balchi Bara – Tinggal di Surabaya

Bagaimana Mengembangkan Bakat Melukis Anak Sejak Dini

Simak langkah-langkahnya berikut ini:

  1. Sediakan fasilitas melukis bagi buah hati seperti kertas gambar, pinsil warna, krayon, kuas dan atau cat. Bimbing anak untuk mengenal alat-alat tersebut dan bagaimana cara penggunaannya.
  2. Ajak anak untuk melukis atau menggambar benda-benda terdekat dengan lingkungan anak. Biarkan anak melukis dengan caranya sendiri agar anak merasa senang dan mempunyai kebebasan. Jangan paksakan anak dengan cara orang tua menggambar.
  3. Beri apresiasi berupa pujian atau pertanyaan berkaitan dengan hasil gambar atau lukisan anak. Misalnya:”Apa yang kau lukis, Nak?” Dengan cara demikian anak akan merasa hasil karyanya dihargai. Sebuah kata “Bagus” akan membuat anak termotivasi menciptakan lukisan-lukisan selanjutnya.
  4. Buat tempat khusus untuk menyimpan lukisan-lukisan anak. Lebih baik lagi bila beberapa karya anak dibingkai dan dipajang di ruang keluarga atau di kamar anak. Cara ini juga sebagai bentuk penghargaan terhadap karya anak.
  5. Bila perlu ajak anak untuk bergabung dalam sanggar lukis agar anak dapat leluasa melukis dan berinteraksi sosial. Di sanggar lukis juga anak akan terbiasa menghargai hasil karya anak lainnya.
  6. Jangan paksakan anak untuk menggambar atau melukis bila anak tidak sedang berselera melukis. Anak juga butuh waktu untuk bermain dan beristirahat.

Anak adalah harta titipan Tuhan yang harus kita sayangi dan diberi pendidikan yang memadahi sehingga mampu berkembang bakat dan minatnya.

Demikian 6 cara mengembangkan bakat melukis anak, semoga anak-anak kita dapat berkembang bakat dan kemampuannya menjadi pribadi yang matang di masa mendatang.

Salam

Balchi Bara

Balchi Bara
Bekerja sebagai pengajar di Sekolah Dasar Negeri dan Pelukis di Balchibara dot com. Senang menulis untuk sekedar berbagi cerita dan pengalaman seputar lukisan. Call/sms/wa : 082225444144
https://www.balchibara.com/

Tinggalkan Balasan