Profil

Pameran Lukisan Online


Menyiasati wabah covid 19 Pameran Lukisan Online menjadi ide jitu. Seniman tidak perlu repot menggelar acara pameran benda seni yang mekanismenya ribet. Apalagi acara mengumpulkan orang untuk mengapresiasi karya seni di saat mewabahnya virus corona tentu bukan hal bijak.

Pameran Lukisan Online image
Gambar hanya pelengkap tulisan 🙂

Wadah Pameran Lukisan Online

Banyak wadah yang bisa digunakan untuk memamerkan karya lukisan dengan memanfaatkan bentuk daring dan sosial media. Beberapa media online dapat digunakan misalnya: website atau blog, facebook profil atau group facebook, isntagram bahkan youtube. Contohnya seperti halaman galeri lukisan online Balchi Bara ini.

Contoh lain adalah seperti yang belakangan ini digelar. Sebuah acara pameran karya seni lukis online yang diusung dengan tajuk “Ini Karyaku” digagas oleh seorang perupa, pelaku bisnis dan sekaligus jurnalis, Sokoco Hayat DP (simak beritanya di Jakarta News)

Manfaat dan Keunggulan

Pameran seni online jauh lebih murah dibanding dengan pameran di galeri atau hotel. Kita tinggal membuat presentasi tentang pelukis, karya lukisan, harga dan cara pembelian. Kemas presentasi dengan profesional. Buat katalog berupa file pdf syukur sekaligus buat slide atau videonya. Publikasikan melalui wadah yang saya sebutkan di atas. Biaya…? Hanya butuh kuota internet atau jaringan internet. Kalau toh ingin lebih profesional palinghanya butuh beli domain dan jasa hosting dengan membuat website. Gak seberapa kok.

Selain biaya murah, eksibisi lukisan online lebih mudah terakses. Kenyataan segala hal sekarang diakses melalui smart ponsel. Tidak perlu bermacet ria menuju tempat pameran lukisan. Kemungkinan terjual jelas pasti karena mudah diakses publik dari penjuru dunia. Asal penanganan meski profesional. Tidak dipungkiri jaman milenial sekarang semua serba online, termasuk mengapresiasi dan membeli karya dua dimensi.

Pameran karya rupa dalaam jaringan lebih mudah dan tidak ribet. Kita tidak perlu menyewa gedung, apartemen, galeri atau hotel. Tidak perlu peijinan yang memakan waktu. Tidak perlu membagikan undangan yang memakan biaya dan tenaga. Tidak butuh mengeluarkan biaya tinggi untuk mencetak katalog.

Mengatasi Kelemahan

Kelemahan memamerkan karya lukis daring adalah penikmat seni dan calon pembeli tidak bisa melihat karya secara langsung. Tidak bisa mengamati detai lukisan dari sisi tekstur atau kualitas karya. Namun hal ini bisa di antisipasi dengan pengambilan foto atau gambar karya dengan sebagus mungkin. Pixelnya harus nampak jelas. Pengambilan gambar harus sempurna.

Kesulitan lain dari pameran online adalah penikmat seni tidak menanyakan perihal konsep atau makna lukisan. Namun hal ini bukan kendala besar. Buat narasi yang tepat untuk karya yang ditayangkan. Bila perlu ada live chat yang bisa digunakan penikmat seni untuk berdialog.

Gambaran Mekanisme

Buat selebaran image dan bagikan informasinya melalui situs jejaring sosial. Tulis mekanisme pengiriman foto lukisan dan deskripsi dari lukisan. Sertakan pula foto profil pelukis beserta biodatanya. Batasi banyak peserta pameran online. Tentukan waktu pembukaannya atau penerbitannya. Bila diperkirakan peserta ikut melebihi rencana, lakukan seleksi karya. Bila perlu melibatkan tim kurator. Keren tuh, namun ada tidak ya kurator yang mau tidak di bayar? hehe… canda.

Oh ya, jangan lupa sepakati mekanisme penjualan dan hak kewajiban panitia dan peserta agar di belakang tidak menimbulkan sengketa.

Selamat menggagas pameran lukisan online. Semoga tulisan ini bermanfaat. Bagaimana menurut pendapat sahabat-sahabat? Silakan tulis komentar dan pengalaman.

Salam,

Balchi Bara

Have any Question or Comment?

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: