Tips Belanja Online Thumbnail Image
Artikel

Tips Belanja Online Lukisan yang Super Aman 2019

Tips Belanja Online Lukisan yang Dijamin Aman. Tulisan ini saya publikasikan agar kita terhindar dari penipuan. Era digital belanja online makin mudah. Termasuk belanja lukisan.

Tips Belanja Online Image

Dibalik kemudahan makin rentan terhadap penipuan. Saya sendiri pernah mengalami. Suatu ketika saya ditelepon seorang pelukis yang gaya lukisannya mirip dengan saya. Saya memang pernah mengenalnya dan ngobrol satu dua jam. Dia meminta saya untuk menjualkan lukisan dengan alasan untuk berobat ibunya di rumah sakit.

Saya menawarkan lukisan yang dia kirim lewat whatsapp kepada kolektor saya. Kolektor saya sepakat karena diniati menolong juga. Uang ditransfer ke saya dan saya teruskan ke pelukis yang minta bantuan. Seminggu sampai dua minggu lukisan belum juga sampai ke alamat saya. Saya cek lewat sms ternyata sudah dijual. Dia berjanji mau membuatkan lagi, namun tidak pernah ditepati. Belakangan nomornya sudah tidak aktif. Saya jadi tidak enak dengan kolektor saya, bahkan ketika kolektor saya mengatakan uangnya tidak usah saya ganti. Hehe.. ternyata saya pelukis kena tipu oleh oknum pelukis juga.

Saya tidak mau melacak keberadaan pelukis, meskipun alamatnya jelas. Ini sebagai bahan pembelajaran agar kita tidak mudah percaya. Apalagi belanja secara online pada situs atau orang yang tidak jelas kredibilitasnya. Nah bagaimana agar kita terhindar dari penipuan online? Simak dan ikuti saran-saran saya.

Bagaimana cara belanja online yang aman?

Pastikan belanja pada situs atau orang yang jelas kredibilitasnya

Pilihlah situs belanja online yang jelas mekanismenya. Beberapa situs belanja online yang aman berdasarkan cerita dari kawan-kawan saya misalnya: Buka lapak, Toko Pedia, Shopee, olx dll. Pada situs-situs tersebut bila saya baca mekanisme penjualan dan pembayaran bisa dipercaya. Saya juga pernah belanja cat lukis melalui salah satu situs tersebut. Namun kita juga perlu selektif dalam memilih penjualnya. Lihat review kredibilitas dari penjual di situs-situs tersebut. Jangan sampai barang tidak seperti yang kita inginkan.

Nah bagaimana bila kita membeli barang pada perseorangan? Belanja online kepada perseorangan bisa melalui Facebook atau Instagram. Cek dulu predikat kepercayaan dari orang yang akan menjual barang. Misalnya dengan mengamati aktivitas dan pertemanannya di jejaring sosial. Mungkin kita bisa membaca testimoni dari pertemanannya di jejaring sosial. Pastikan juga nomor atau email kontaknya. Biasanya penipu selalu berganti nomor telepon.

Rekening Bersama

Rekening bersama adalah rekening dari pihak ketiga yang menjadi perantara pembayaran. Caranya adalah pembeli mentrasfer pembayaran melalui pihak ketiga. Pihak ketiga sebagai perantara akan mentrasfer pembayaran kepada penjual setelah pembeli menerima barang yang dibeli dan tidak ada komplain. Balchibara juga tidak bertanggung jawab terhadap pembelian lukisan pelukis lain tanpa melalui Rekening Balchi Bara. Simak bagaimana mekanisme penjualan lukisan online kami di Faq.

Bila kita membeli secara online kepada perseorangan pastikan kredibilitas penjual. Mungkin juga cek kepemilikan domain websitnya. Lakukan negosiasi diutamakan melalui panggilan telepon untuk menanyakan perihal barang yang akan kita beli. Lakukan pula negosiasi. Atau kita bisa menyuruh teman yang dekat dengan lokasi penjual. Mintalah bantuan teman kita untuk mengetahui persis barang yang akan kita beli. Balchi bara sendiri akan dengan senang hati menerima calon pembeli datang ke galeri kami di Tegal. Atau kita bisa meminta penjual berfoto dengan barang yang akan dijual. Pengalaman saya, saya pernah diminta oleh calon pembeli lukisan saya untuk berfoto di depan lukisan yang akan dibelinya. Saya paham betul maksud keinginannya, dan saya lakukan dengan senang hati.

Mintalah Bukti Pengiriman Barang

Bila kita telah memutuskan membeli lakukan pembayaran dan tanyakan kapan barang akan dikirim. Mintalah bukti pengiriman barang yang kita beli. Balchibara sendiri selalu mengirimkan foto resi pengiriman agar pembeli bisa memantau alur perjalanan barang. Kebetulan saya memakai Tiki yang bisa diakses melalui Tiki online. Dan selama ini Tiki Online bisa saya percaya.

Bagaimana bila kita ragu?

Sebaiknya bila kita meragukan apakah penjual bisa dipercaya atau tidak, jangan dilanjutkan untuk berbelanja online. Demikian semoga bermanfaat. Kehati-hatian adalah kunci bila kita ingin terhindar dari penipuan.

 

Salam kreatif

Balchi Bara, S.Pd.

Balchi Bara
Bekerja sebagai pengajar di Sekolah Dasar Negeri dan Pelukis di Balchibara dot com. Senang menulis untuk sekedar berbagi cerita dan pengalaman seputar lukisan. Call/sms/wa : 082225444144
https://www.balchibara.com/

Tinggalkan Balasan