Tips Merawat Lukisan Super Mudah

Tips Merawat Lukisan Super Mudah dan dapat dilakukan sendiri. Lukisan merupakan benda pajang pelengkap interior ruangan. Hadirnya lukisan dalam ruangan akan menjadikan ruangan menjadi semarak. Lukisan menjadikan suasana menjadi bersahabat. Mengapa lukisan perlu dirawat?

 

Tips Lukisan Agar Tidak Lekas Rusak image

Gambar : kiriman seorang kolektor baik saya

Lukisan perlu dirawat karena lukisan  adalah benda seni yang berharga. Apalagi bila lukisan kita adalah karya pelukis terkenal. Sayangkan bila lukisan investasi kita rusak?

Bagaimana Tips Merawat Lukisan ?

Berikut cara merawat lukisan yang mudah:

Pajang Lukisan di Tempat yang Terang

Ruangan yang akan dipajang lukisan harus memiliki cahaya yang cukup. Stidaknya ada cahaya luar rumah yang masuk melalui jendela. Bukan cahaya matahari yang langsung mengenai lukisan. Dengan cahaya ruang yang cukup maka kelembaban ruangan terjaga. Kelembaban ruangan yang teralu basah akan menjadikan lukisan menjadi lekas berjamur. Apalagi bila lukisan yang kita pajang adalah lukisan dari cat minyak.

Pastikan Menggunakan Gantungan yang Kuat

Pemasangan lukisan dengan cara digantung pada tembok dengan penggantung yang kuat. Ini menghindari lukisan terjatuh. Usahakan aman dari mobilitas manusia, sehingga tidak tersenggol. Bila ruangan cukup lebar, kita dapat menempatkan lukisan pada sudut ruangan dengan menggunakan penyangga (eisel). Sehingga sudut ruangan menjadi cantik.

Gunakan Kuas untuk Membersihkan Lukisan

Bila lukisan telah berdebu, apalagi kelihatan tebal debunya perlu kita bersihkan. Gunakan kuas cat tembok yang lembut untuk menyapu debunya. Jangan bersihkan lukisan dengan sapu atau sikat.

Hindari Memegang-megang Lukisan dengan Tangan

Kita sering menjumpai dalam suatu pameran, pengunjung melihat lukisan dengan meraba atau memegang permukaan lukisan. Ini dapat merusak lukisan. Telapak tangan manusia bisa berkeringat dan mengandung garam. Ini akan mengakibatkan lukisan menjadi lekas kotor dan berjamur. Atau bahkan mengalami korosi pada catnya.

Demikian Tips Praktis tentang cara Merawat Lukisan. Semoga bermanfaat.

Salam kreatif,

Balchi Bara

Comments
  1. Margaretha Sipahelut
    • Balchi Bara

Tinggalkan Balasan