Lompat ke konten
Beranda » Video

Video

Ini adalah kumpulan video perjalanan karir Balchi Bara sebagai pelukis. Bagaimana cara Balchi Bara melukis. Balchi Bara memilih gaya ekspresionisme impresionist dalam karya-karya lukisannya.

Video On The Spot Melukis Perahu

Video Melukis Muara

Gaya Melukis Balchi Bara

Ekspresionisme

Lukisan ekspresionisme merupakan aliran seni rupa yang menekankan ekspresi emosi dan perasaan pelukis dalam karyanya. Dalam lukisan ekspresionisme, pelukis berusaha untuk menyampaikan perasaan batin yang mendalam melalui warna, bentuk, dan garis yang eksperimental.

Keunggulan lukisan ekspresionisme terletak pada kemampuannya untuk menghadirkan interpretasi visual yang kuat mengenai keadaan emosional manusia. Melalui penggunaan warna-warna cerah atau gelap, serta goresan-goresan kuas yang dinamis, lukisan ekspresionisme mampu membangkitkan rasa simpati atau empati dari para penontonnya.

Beberapa contoh lukisan ekspresionisme yang terkenal antara lain “The Scream” karya Edvard Munch dan “Starry Night” karya Vincent van Gogh. Kedua lukisan tersebut menjadi ikon dari aliran seni ini karena mampu mengekspresikan kegelisahan dan keindahan dalam cara yang unik dan penuh makna.

Impresionisme

Lukisan impresionisme dikenal sebagai salah satu aliran seni yang menonjol dalam sejarah seni rupa. Dalam lukisan impresionisme, seniman cenderung menangkap sensasi visual dan emosional dari suatu subjek, bukan detail yang sempurna.

Definisi lukisan impresionisme mencakup penggunaan warna yang cerah, sapuan sikat yang cepat, dan fokus pada cahaya dan suasana. Keunggulan dari lukisan impresionisme adalah kemampuannya untuk menangkap momen-momen efemeral dengan spontanitas dan keindahan yang unik.

Beberapa contoh lukisan impresionisme terkenal termasuk karya-karya Claude Monet, Pierre-Auguste Renoir, dan Edgar Degas. Lukisan-lukisan ini menggambarkan keindahan alam serta kehidupan sehari-hari dengan gaya yang revolusioner pada zamannya.